Merpati Diminta Jujur Kepada Konsumen
Irul Hamdani - detikSurabaya
KMB melalui divisi advokasi masyarakat, mendesak Merpati untuk jujur dalam memberikan penjelasan ke publik mengenai penyebab kejadian tersebut.
Penjelasan Merpati yang 'menyalahkan' fasilitas Bandara Blimbingsari, dinilai hanya sebuah upaya mencari kambing hitam. Karena pada kenyataanya, alasan tersebut dibantah pihak Bandara Blimbingsari, secara lugas berdasarkan fakta kontak pilot Merpati ke petugas tower Bandara.
"Harusnya ada penjelasan yg realistis dari Merpati," tulis Ketua KMB, Fajar Isnaini, dalam rilisnya yang dikirim ke detiksurabaya.com, Rabu (26/09/2012).
Fajar menambahkan, penumpang pesawat Merpati yg gagal mendarat harus diberikan penjelasan yg jelas sebagai informasi kepada konsumen. Upaya komunikatif tersebut justru akan menjaga kepercayaan masyarakat (khususnya Banyuwangi) untuk tetap menggunakan jasa Merpati.
"Namun bila ditutup-tutupi akan timbul prasangka buruk, yang dikhawatirkan timbul rasa tidak percaya," tandasnya.
Padahal disisi lain masyarakat Banyuwangi menaruh harapan besar dengan keberadaan maskapai. Ini terbukti dengan sheet penumpang yang kian hari semakin meningkat. Sebab itu, KMB sangat menyayangkan bila ikatan yang sudah ada tersebut dicederai oleh ketidakjujuran maskapai.